Selasa, 01 April 2008

Bimbingan karir terhadap anak SMP kelas 9

Sub Tugas Perkembangan:Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni.
SK: Memahami arah kecenderungan karir sesuai dengan bakat dan minat.
Topik: Identifikasi kecenderungan arah karir sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat.
Permasalahan:
Seorang anak didik mempunyai hobi yang ia ingin geluti pada saat ia berkarir kelak. Ia mempunyai 2 hobi yang sangat ia sukai dan ia ingin hobinya itu menjadi karir ia kelak pada saaat ia pada saat ia masuk dalam dunia kerja. Ia bingung menentukan antara menggeluti bidang musik atau bidang tulis- menulis karena keduanya sangat ia minati.
Solusi: Kita tanya terkebih dahulu kepada anak didik tersebut mana bidang yang paling ia sukai. Kita harus mendukungnya, memberikan kepercayan diri yang tinggi kepadanya agar ia yakin bisa menggeluti bidang tersebut dengan baik, kita mantapkan hatinya apakah bidang yang ia pilih ini berasal dari hati nuraninya agar kelak ia tidak menyesal memilih untuk menggeluti bidang yang ia pilih sekarang. Kita arahkan dia agar kemampuannya yang ia miliki sekarang dapat ia bina dan dapat menambah pengetahuan dalam bidang yang ia ingin geluti. Jika ia berminat dalam bidang musik kita sarankan agar masuk ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan berhubungan dengan musik. Jika ia sudah mempunyai grup musik sendiri kita sarankan agar ia terus latihan agar kulitas permainan musiknya lebih baik lagi. Jika ia benar-benar ingin menggeluinya kita sarankan agar pada saat kuliah kelak ia masuk institut musik. Jika ia ingin menjadi penulis kita arahkan untu masuk FLP agar bisa mengasah kemampuannya dalam hal tulis menulis. Kita arahkan jika kuliah kelah ia masuk jurusan sastra atau jurnalistik.

Tidak ada komentar: