Rabu, 30 Juli 2008

TUGAS 3 SP Filsafat Umum

Carilah 5 Filsuf terkemuka yunani beserta buah pikiran filsafatnya
a. Thales
kesimpulan ajaran thales adalah semuanya itu air. Air yang cair itu dalah pangkal, dasar, atas segala-galanya. semua barang terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air. Baginya air adalah sebab yang pertama dari segala yang ada dan yang jadi tetapi, juda akhir dari segala yang ada yang jadi itu dalam pandangan thales masih aninmisme yang berarti kepercayaan bahwa bukan saja barang yang hidup mempunyai jiwa tetapi juga benda mati.
b. pytagoras
Dia yang mula-mula menemukan teori dari hal angka-angaka yang menjadi dasar ilmu berhitung. Ia beranggapan bahwa hakikat dari segala sesuatu adalah angka. Dunia angka adalah dunia kepastian dan dunia ini erat hubungannya dengan dunia bentuk. Ilmu angka dan ilmu bentuk adalah satu-satunya ilmu pasti.
c. plato
Pikiran filsafatnya adalah dunia lahir dari dunia pengalaman yang selalu berubah-ubah dan warna -warni. Semua itu adalah bayangan dari dunia idea. Sebagai bayangan, hakikatnya adalah tiruan dari yang asli yaitu idea, karenanya maka dunia pengalaman ini berubah-ubah dan bermacam-macam sebab hanya merupakan tiruan yang tidak sempurna dari idea yang sifatnya bagi dunia pengalaman.
d.herakleitos
Menurutnya, segala sesuatu bergerak terus menerus dalam perubahan yang abadi. Hakekat keberadan adalah perubahan. yang abadi adalah perubahan itu sendiri. dunia adalah suatu harmoni yang besardalam ketegangan dan perlawanan menuju keselarasan yang indah/
e.demokritos
Menurutnya, realitas terdiri dari banyak unsur. unsur tersebut merupakan materi yang sangat kecil sehingga indra nata kita tidak dapat mengamatinya dan tidak dapat dibagi lagi. unsur itu disebut atom. atom ini tidak dijadikan, tidak dapat dimusnahkan dan tidak berubah.







Tidak ada komentar: